Wednesday, February 27, 2013

SEJARAH INTERNET DI INDONESA

                                SEJARAH INTERNET
           indonesia mulai mengenal internet pada tahun 1990an.pada awal tahun 1988, pengguna awal internet di indonesia memanfaatkan CIX (inggris) dan compuserve (amerika serikat)untuk mengakses internet.
           menurut catatan whois ARIN dan APNIC, protokol internet (IP) pertama dari indonesia adalah UI-NETLAB(192.41.206/24). protokol internet ini didaftarkan universitas universitas indonesia pada tanggal 24 juni 1988. pada awalmulaperkembangan internet ini di indonesia dari tahun 1992-1994 muncul nama-nama pegiat internet antara lain RMS ibrahim, suryono adisoemarta, muhammad ihsan, robby soebiakto, putu, firman siregar, adi indriyanto,dan onno w.purbo.
            selanjutnya, pada tahun 1994 di Indonesia mulai beroperasi indoNet yang dikelola sanjaya. indoNet merupakan Internet Service Provider(ISP) komersial pertama di indonesia.koneksi awal ke  internet menggunakan dial-up oleh indoNet. saat itu, lokasi indoNet terdapat di daerah rawamangun di kompleks dosen UI.akses awal di IndoNet mulanya menggunakan mode teks dengan shell accountbrowser lybx,dan e-mail client pine  pada server AIX.
           kemudian, pda tahun 1995 beberapa BBS di indonesia seperti clarissa mulai menyediakan jasa akses Telnet keluar negri. dengan menggunakan Remote lynx di amerika serikat, pemakai internet di indonesia dapat mengakses internet (HTTP).perkembangan selanjutnya para pebisnis e-commerce mulai mengembangkan komunitasnya di mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, dan e-commerce@itb.ac.id&i2bc@egroups.com.

No comments:

Post a Comment